PENGHARGAAN KEPADA GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X OLEH MENTERI KOPERASI DAN UKM ATAS KEBERHASILAN DALAM MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN KOPERASI DAN UMKM DI YOGYAKARTA

Rakornas, Pangkalpinang (02/05/2019) – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X atas keberhasilannya dalam membangun dan mengembangkan kehidupan koperasi dan umkm di Yogyakarta, memperoleh penghargaan sebagai Pengelola Data Koperasi Terbaik tahun 2018, pada acara pembukaan Rakornas Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2019 yang diselenggarakan di Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 2-3 Mei 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bapak Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia AAGN Puspayoga, pada acara yang dihadiri oleh 514 Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia.

Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2019 dengan tema “Sinergi Program dan Kegiatan Pusat dengan Daerah dalam Rangka Pengembangan Koperasi dan UMKM untuk Perencanaan 2020-2024” ini, mengusung lima isu utama yakni  Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Akses Pembiayaan dan Perluasan Skema Pembiayaan, Peningkatan Nilai Produktivitas dan Daya Saing, Penguatan Kelembagaan dan Pengawasan serta Kebijakan Ekonomi Makro.

Dalam Rakornas tersebut Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dimohon untuk memberikan sambutan oleh Menteri Koperasi dan UKM. Dalam sambutannya Sultan menghimbau kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan semangat dalam gerakan koperasi, misalnya dengan membentuk BUMdes, agar pemerintah dapat memberikan bantuan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Harapan dari Bapak Menteri Puspayoga dalam Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2019 yakni agar dapat menghasilkan perubahan yang lebih baik di bidang Koperasi dan UMKM.