KEGIATAN PAMERAN DI MALL

Dalam rangka peningkatan serta pengenalan  produk pelaku UMKM di DIY salah satunya adalah dengan  memberikan kesempatan mengembangkan pemasarannya dengan cara melaksanakan pameran langsung baik di dalam daerah maupun diluar daerah DIY,  sehingga mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan perekonomian masyarakat di daerah. Pengembangan usaha dengan pameran langsung ini juga merupakan salah satu cara yang efektif dalam penjualan/sale. Mengingat jumlah pelaku UMKM DIY sangat banyak dan daerah tempat usaha mereka sekaligus sebagai tempat tinggal yang letaknya di pelosok-pelosok desa maka diperlukan upaya atau langkah yang efektif dan efisien dalam pengembangan usaha. Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki potensi besar dengan mengandalkan produk-produk unggulan seperti kerajinan, batik, perak, anyaman tekstil produk tekstil, produk kayu, makanan minuman olahan, herbal dan lain-lain. Semua potensi tersebut harus didukung dengan segala kemampuan yang ada agar  potensi tersebut terus berkembang sehingga membuka peluang  para pembeli dan investor untuk datang dan bersama-sama membangun Daerah Yogyakarta.

Kaitannya dengan permasalahan tersebut  diatas, diperlukan adanya suatu dukungan penuh dari pemerintah agar pengembangan usaha produk potensi pelaku UMKM DIY dapat selalu eksis dan semakin berkembang. Oleh karena itu Dinas Koperasi  UMKM DIY melalui  APBD tahun 2018 telah melaksanakan kegiatan Pameran UMKM di Jogja City Mall Yogyakarta.

Peserta Pameran di Jogja City Mall adalah para pelaku UMKM dengan persyaratan sebagai berikut.

  • Memiliki usaha mikro dan kecil
  • Memiliki IUMK dan menjadi mitra PLUT Dinas Koperasi dan UMKM DIY
  • Memiliki sertifikat halal dan PIRT bagi produk makanan, minuman, dan herbal
  • Produk belum dijual di pasaran mall atau pasar modern
  • Memiliki kemauan keras untuk memasarkan produknya
  • Bersedia dan wajib mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan serta penggunaan sarana-prasarana yang ada

Berikut ini adalah pelaku UMKM yang telah mengikuti Pameran JIATTEC EXPO 2018 di Jogja City Mall.

No NAMA USAHA PRODUK
1. Batik Tahunan Batik Tulis dan Jumputan
2. Batique Batik Batik
3. Shen Leather Kulit
4. Asta Aulia Topeng
5. SR Silver Silver/ Perak
6. Elwe Craft Rajut
7. Paguyuban UMKM Jogjaku All About Craft “Aksesoris”
8. Yangko Giant Yangko, Pie Susu, Sambal Abang
9. Fadaco Oemah _ Kulit
10. Sophie Boutique Fashion

Kegiatan Pameran JIATTEC EXPO dilaksanakan selama 4 (empat)  hari mulai hari Kamis s.d Minggu tanggal 15 s.d 18 November 2018 di Jogja City Mall, Jl. Magelang No.KM.6 No. 18, Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

(Sumber : Kegiatan Pameran JIATTEC EXPO, Bidang UMKM, Diskop & UMKM DIY, Tahun 2018)