Gebyar UKM Tahun 2019 Dinas Koperasi dan UKM DIY

Dinas Koperasi dan UKM DIY  telah menyelenggarakan Gebyar UKM Tahun 2019 yang diselenggarakan mulai tanggal 3- s/d 6 Agustus 2019 dengan tema “Membangun UMKM Berkarakter dan Berdaya Saing Global menuju Ekonomi Kerakyatan yang Kreatif dan Berkelanjutan”. Dalam acara tersebut Dinas Koperasi dan UKM DIY berkolaborasi dengan beberapa OPD dan asosiasi-asosiasi yang dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia.

  

Opening Ceremony Gebyar UKM 2019 diawali dengan sambutan oleh : Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Wakil Gubernur DIY, Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM. Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY menyampaikan bahwa masalah legalitas cukup berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM dan salah satu bentuk kerja sama dengan Kementrian Koperasi dan UMKM adalah dengan membuka pendaftaran untuk para UMKM mendaftarkan merek mereka secara gratis.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan ekosistem UKM yang sustainable dapat dirintis melalui gotong-royong antar stakeholder terkait dan pemanfaatan teknologi. Setelah itu dilanjutkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjarto, turut membuka acara Opening Ceremony Gebyar UMKM mengatakan, tujuan dari even ini adalah untuk tetap meningkatkan daya saing UMKM.

Upaya yang dapat ditempuh dalam meningkatkan daya saing  UKM melalui Gebyar UKM 2019 adalah dengan mengadakan pameran untuk mengenalkan produk dari para UMKM, pendaftaran HaKI dan merek bagi UKM secara gratis yang difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM, stand dari bank-bank untuk fasilitasi permodalan UMKM, serta diberi pengetahuan tentang pentingnya hak kekayaan intelektual. Selain itu Gebyar UKM ini juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan-kegiatan yang diantaranya : Seminar Nasional dengan Tema UMKM Kuat Bangsa Berdaulat, Expo Produk Kreatif dan Siap Ekspor, Festival Oleh-oleh Nusantara, Bursa Platform UMKM, Pasar Kopi Nusantara, Kelas Peningkatan Kapasitas Pelaku dan Pendamping UMKM, Panggung Hiburan dan Aneka Lomba, serta Gerbang Praja yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial DIY.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat semakin mempererat hubungan antar multi-stakeholder dan menjadi pemicu untuk meningkatkan daya saing serta kreatifitas pelaku UKM sehingga UKM dapat mempromosikan produknya lebih efektif dan efisien serta menaikan kelas UKM menjadi UKM pengekspor yang mampu bersaing  di pasar global..

(Sumber : Gebyar UKM Tahun 2019 Dinas Koperasi dan UKM DIY, Diskop & UKM DIY, Tahun 2019)