Diklat TMT (Total Motivasion Training) bagi Koperasi Penerima Dana Bergulir di DIY

Dalam rangka menumbuh kembangkan koperasi untuk mendukung produktivitas dan aktivitas agar tujuan koperasi atau suatu organisasi dapat tercapai dengan sempurna, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkompeten, berkualitas dan memiliki komitmen tinggi, karena sumber daya manusia merupakan bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi yang maju dan berkembang.

Oleh karena itu Dinas Koperasi dan UMKM DIY selaku Pembina dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten, berkualitas dan memiliki komitmen tinggi melaksanakan Diklat Total Motivasion Training kepada Manajer Koperasi dengan harapan manajer memiliki Mindset dan keyakinan sebagai landasan dasar untuk meraih prestasi sehingga manajer dapat menciptakan lingkungan yang memotivasi dimana individu dapat mencapai tingkat produktivitas maksimum mereka. Tantangan ini adalah proses dinamis dengan berbagai metode untuk mencapai tujuan. Motivator sejati menciptakan kondisi di tempat kerja yang memungkinkan orang biasa meraih prestasi luar biasa.

Materi dalam diklat TMT (Total Motivasion Training) bagi koperasi penerima dana bergulir di DIY ini diantaranya :

  1. Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan perkoperasian
  2. Tujuan hidup
  3. Perjuangan hidup
  4. Insan luar biasa
  5. Mental juara : (Sikap Mental, Sukses, Keyakinan dan Hasrat Manusia)
  6. Gaya tanggapan (Top Mindset, Energi Positif sebagai Aset Diri, Manajemen Waktu, Kreatif Thinking, Otto Sugesti)
  7. Bisa aku bisa, (Komunikasi Cerdas, Mindset Building, Meraih impian)
  8. Aktualisasi Diri (Gaya Tanggapan, Instropeksi Diri, Do’a dan Impian)
  9. Evaluasi, Post Test

Kegiatan diklat TMT (Total Motivasion Training) ini dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 17 November 2017 dengan narasumber :

  1. Lembaga Pengembangan Potensi, Sentral Prestasi Yogyakarta
  2. Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah DIY

Hasil dari diklat TMT (Total Motivasion Training) ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas SDM Pengelola / Pengurus di Koperasi se DIY sehingga terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkompeten, berkualitas dan memiliki komitmen tinggi dalam lingkungan organisasi,  menciptakan lingkungan yang kondusif serta dapat memotivasi dimana individu dapat mencapai tingkat produktivitas maksimum.

(Sumber : Laporan diklat TMT, Bidang Koperasi, Diskop & UMK DIY. Tahun 2017)