DIKLAT PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN MANAGEMEN USAHA BAGI UMKM

Monitoring dan Evaluasi Diskop UMKM DIY ke pelaku UMKM

Di Era perdagangan bebas senantiasa ditandai dengan adanya persaingan yang ketat. Diantarnya persaingan antar produk, tanpa terkecuali produk yang dihasilkan UMKM. Maka dari itu Agar Produk-produk UMKM bisa masuk atau tetap bertahan di pasar ekspor, maka salah satu aspek penting adalah harus mengenal manajemen dan strategi pemasaran. Saat ini pemasaran merupakan titik akhir dari seluruh rangkaian proses usaha. Suksesnya suatu usaha sangat tergantung dari kemampuan usaha tersebut untuk memenuhi pasar. Dengan kemampuan memenuhi kebutuhan pasar tersebut, suatu usaha akan dapat menjual produk atau jasanya untuk mendapatkan pemasukan atau keuntungan. Dengan demikian manajemen usaha UMKM sagatlah penting bagi seorang pengusaha.

Berdasarkan perihal tersebut di atas Dinas Koperasi dan UMKM DIY melaksanakan kegiatan Diklat Pengetahuan dan Ketrampilan Manajemen Usaha Bagi UMKM dengan maksud untuk membekali dan menambah wawasan bagi UMKM agar memiliki semangat / jiwa kewirausahaan yang tangguh dan mampu berusaha mandiri dalam mengelola usaha dengan baik. Sedangkan tujuan dari diklat ini adalah untuk menciptakan usaha kewirausahaan yang mandiri dan tangguh,  mampu menciptakan kesempatan kerja dan mengatasi pengangguran serta mengoptimalkan pendayagunaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menggerakkan perekonomian daerah melalui teknologi dan sumber daya lokal.

Kegiatan Diklat Pengetahuan dan Ketrampilan Managemen Usaha ini dilaksanakan pada Hari Senin s/d Sabtu. Tgl. 23 s/d 28 Oktober 2017 dengan peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari kab / kota di DIY. Materi kegiatan diklat tersebut diantaranya :

  1. Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM
  2. Kepemimpinan
  3. Managemen Organisasi dan Jaringan Usaha
  4. Kiat-kiat Berusaha yang Kompetitif
  5. Motivasi Usaha
  6. Sop dan Som
  7. Bisnis Plan
  8. Aplikasi Pengembangan Kewirausahaan
  9. Kemasan Produk
  10. Strategi Pemasaran
  11. Managemen Produk
  12. Quality Control
  13. Akses Permodalan
  14. Pembukuan Sederhana
  15. Pelayanan Prima
  16. Pemasaran On Line
  17. Tata Kelola Pengembangan Usaha
  18. Problem dan Tantangan UMKM
  19. Pengenalan Proses Produk
  20. Pemasaran Produk

Diklat yang semacam ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan target UMKM yang berbeda, dengan harapan semakin banyak UMKM yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan managemen usaha.

(Sumber : Laporan diklat pengetahuan dan ketrampilan manajemen usaha bagi UMKM, Bidang UMKM, Diskop & UMK DIY, Tahun 2017)