DIKLAT MANAGEMEN PEMASARAN BAGI UMKM

Untuk meningkatkan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perlu ditingkatkan kemampuan sumber daya manusia dari UMKM dalam memahami kewajiban, persyaratan dan ketentuan dalam menjalankan kegiatan di bidang usaha, hal ini sangat penting dalam memanfaatkan peluang pasar seiring dengan peningkatan kemampuan dalam memasok produk.

Dengan meningkatnya berbagai macam kebutuhan hidup saat ini, diikuti pula dengan munculnya jenis usaha di berbagai sektor, baik sektor perdagangan, jasa aneka usaha, kerajinan dan sebagainya, dimana belum diikuti dengan pemahaman jaminan kualitas / mutu dari produk yang dihasilkan.

diklat managemen pemasaran

Salah satu aspek penting yang diperlukan UMKM untuk dapat bersaing di era perdagangan bebas ini yaitu harus mengenal manajemen dan strategi pemasaran. Saat ini pemasaran merupakan titik akhir dari seluruh rangkaian proses usaha. Sebuah UMKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usahanya tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan efektif. Dengan kemampuan manajemen dan strategi pemasaran diharapkan menjadikan UMKM mampu memperluas pasar dan mampu bersaing dalam perdagangan bebas. Dengan demikian manajemen pemasaran sagatlah penting bagi pelaku UMKM.

Untuk membantu tercapainya percepatan program peningkatan manajemen pemasaran produk UMKM maka diperlukan Diklat manajemen Pemasaran Bagi UMKM di DIY. Berdasarkan perihal tersebut di atas Dinas Koperasi dan UMKM DIY melaksanakan kegiatan Diklat Manajemen Pemasaran Bagi UMKM di DIY.

Materi dalam kegiatan diklat managemen pemasaran bagi UMKM diantaranya :

  1. Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan dan pengembangan UMKM
  2. Peluang dan Tantangan pasar UMKM
  3. Pelayanan Prima
  4. Perencanaan Anggaran
  5. Pembukuan Sederhana
  6. Jaringan Usaha
  7. Teknik Dasar Kemasan Produk
  8. Etika Bisnis
  9. Pemasaran berbasis WEB
  10. Succes Story
  11. Peningkatan Produktivitas pemasaran bagi UMKM
  12. Strategi Pemasaran

Kegiatan Diklat Managemen Pemasaran Bagi UMKM ini dilaksanakan pada Hari Selasa s/d Sabtu. Tgl. 01 s/d 05 Agustus 2017 diikuti peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari kab / kota di DIY dengan narasumber :

  1. Dinas Koperasi dan UMKM DIY
  2. Fast Training Yogyakarta
  3. Lapenkop DIY
  4. SMEDC Yogyakarta
  5. ISI Yogyakarta
  6. Prima Katalisindo Yogyakarta
  7. Konsultan PLUT KUMKM DIY

Diklat yang semacam ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan target UMKM yang berbeda, dengan harapan semakin banyak UMKM yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan managemen usaha.

(Sumber : diklat managemen pemasaran bagi UMKM, Bidang UMKM, Diskop & UMK DIY, Tahun 2017)