DIKLAT MANAGEMEN PEMASARAN BAGI UMKM BERBASIS TI SE DIY

Dalam rangka peningkatan serta pengembangan produk UMKM di pasar domestik maupun pasar internasional khususnya dalam memasarkan produk-produk unggulan dari daerah, promosi melalui internet merupakan salah satu cara yang efektif dalam menarik pembeli. Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki potensi besar dengan mengandalkan produk-produk unggulan seperti kerajinan, furniture, produk kulit, dan produk lainnya. Semua itu jika didukung dengan penguasaan Teknologi Informasi bagi UMKM dan promosi melalui media promosi yang menarik dengan muatan isi dari yang akan dipromosikan lengkap dan terpadu maka akan mudah dipahami. Teknologi Informasi merupakan alat dalam sebuah system dalam suatu usaha, dalam menghadapi persaingan, managemen perlu memiliki system informasi pemasaran yang terstruktur dengan baik, agar informasi yang diperoleh dapat dianalisis sehingga dapat membuahkan tindakan yang dapat merealisasikan peluang serta untuk mempertahankan kehidupan jangka panjang usaha bagi UMKM.

Sedangkan Teknologi Informasi dan kegiatan pemasaran adalah dua buah hal yang sulit dipisahkan, karena antara satu dengan lainnya memiliki keterkaitan yang masing-masing saling memberikan keuntungan. Jika tidak ada teknologi informasi maka pemasaran akan menjadi terbelakang dan tidak akan maju untuk memenuhi tuntutan zaman. Teknologi informasi memiliki peranan penting dalam pemasaran, karena teknologi informasi merupakan tulang punggung managemen supply chain, konsep manjemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi. Bahkan kalau dilihat dari sejarahnya justru kemajuan teknologi inilah yang melahirkan prinsip-prinsip dasar dari managemen supply chain. Alasan cukup sederhana yaitu karena esensi dari pengintergrasian berbagai proses dan entitas bisnis di dalam domain managemen supplay chain adalah melakukan share terhadap informasi yang dimiliki dan dihasilkan oleh berbagai pihak. Konsesp managemen supply chain memperlihatkan adanya proses ketergantungan antar berbagai usaha yang terkait di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak usaha yang terlibat dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu dibangun.

Materi dalam kegiatan diklat managemen pemasaran bagi UMKM diantaranya :

  1. Kebijaksanaan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM
  2. Teknik Motivasi Berprestasi
  3. Manajemen Mutu
  4. Jejaring dan Ragam Komunitas
  5. Teknik Bertransaksi di Internet &Website
  6. SEO (Search engine Optimation)
  7. Membuat Blog
  8. Media Online
  9. Problematika UKM dan Tantangan Masa Depan

Kegiatan Diklat pemasaran bagi UMKM ini dilaksanakan pada Hari Senin s/d Jumat. Tgl. 09 s/d 13 Juli 2018 diikuti peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari kab / kota di DIY.

 

Diklat yang semacam ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan target UMKM yang berbeda, dengan harapan semakin banyak UMKM yang meningkat wawasan mengenai managemen pemasarannya berbasis IT.

(Sumber : diklat managemen bagi umkm berbasi IT, Bidang UMKM, Diskop & UMK DIY, Tahun 2018)