DIKLAT MANAGEMEN KEWIRAUSAHAAN BAGI UMKM BERBASIS TI SE DIY

Para pelaku usaha sebagai bagian dari pelaku ekonomi daerah maupun nasional diharapkan menjadi sumber penggerak kehidupan ekonomi yang menempati posisi strategis sebagai pelaku utama pembangunan di setiap sektor kegiatan ekonomi untuk maju dan berkembang. Dengan adanya persaingan usaha semakin ketat, terjadi pula peningkatan persaingan di segala aspek kehidupan termasuk aspek ekonomi dan aspek manajemen. Dengan demikian, para pelaku usaha harus mampu meningkatkan keterampilan, wawasan, inovasi, serta teknologi yang terus menerus agar produknya mempunyai nilai daya saing yang tinggi. Upaya inilah yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk mewujudkan perkembangan ekonomi daerah melalui motivasi, fasilitasi, dan dorongan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan usahanya.

Salah satu upaya Pemerintah dalam mendorong kemajuan ekonomi adalah dengan memberdayakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan masyarakat merupakan upaya serius dan sinergis dalam bentuk penumbuhan iklim dan pengembangan usaha di bidang promosi dan pemasaran, peningkatanĀ  kemampuan daya saing dan fasilitasi pemasaran UMKM. Program fasilitasi pemasaran dan daya saing UMKM bertujuan meningkatkan akses UMKM dalam penguasaan pasar, pengembangan di bidang promosi dan pemasaran produk secara efektif serta usaha dan pengembangan kemitraan usaha UMKM dengan pelaku usaha lainnya. Program yang dikembangkan saat ini di antaranya adalah peningkatan di bidang promosi dan pemasaran, kualitas produk UMKM melalui pengembangan promosi pemasaran dalam dan luar negeri, kemitraan dengan usaha besar dan pengembangan infrastruktur lembaga pemasaran serta pengembangan system informasi bisnis

Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Managemen Kewirausahaan Bagi UMKM Berbasis Teknologi Informasi Angkatan I Tahun Anggaran 2018 ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan dan memberdayakan para pelaku usaha berbasis teknologi informasi untuk dapat berkiprah serta memiliki

Semangat dan jiwa kewirausahaan yang tangguh, dan mampu mengelola usahanya serta meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan inovasi dan teknologi khususnya di era revolusi industri yang memunculkan Internet of Things (loT) ini.

Materi dalam kegiatan diklat managemen kewirausahaan bagi UMKM diantaranya :

  1. Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM
  2. Manajemen Konflik
  3. Teknik Motivasi Efektif
  4. Teknik Bertransaksi di Internet dan di Website
  5. Jejaring dan Ragam Komunitas
  6. Membuat Blog
  7. SEO (Search Engine Optimization)
  8. Problematika UMKM dan Tantangan Masa Depan
  9. Sosial Media
  10. Penutup

Kegiatan Diklat Managemen Kewirausahaan Bagi UMKM Berbasis TI ini dilaksanakan pada Hari Senin s/d Jumat. Tgl. 7 s/d 11 Mei 2018 diikuti peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari kab / kota di DIY.

Diklat yang semacam ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan target UMKM yang berbeda, dengan harapan semakin banyak UMKM yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan managemen kewirausahaan.

(Sumber : diklat managemen kewirausahaan bagi UMKM berbasis TI, Bidang UMKM, Diskop & UMK DIY, Tahun 2018)