DIKLAT AMT ANGKATAN I & II SE DIY

Saat ini telah ada lebih dari 200.000 UMKM yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari sekian ribu jumlah yang ada, baru sedikit UMKM yang mempunyai potensi dan kemampuan dalam hal pengelolaan manajemen usaha maupun pengelolaan financial.

Dalam dunia usaha, motivasi sangat dibutuhkan oleh para usahawan dalam hal pengembangan usaha yang di jalankannya. Sehingga para pengusaha bisa mendapatkan keunggulan pribadinya melalui kekuatan diri, yang ada dalam diri setiap manusia. Mereka mampu mengenali potensi yang mereka miliki, mampu memahami arti penting berkomunikasi, serta mampu menyusun dan mengembangkan tujuan individu dalam kehidupan pribadi, sehingga usaha yang dijalankan dapat maju dan berkembang.

Dari beberapa kendala tersebut, maka Dinas Koperasi UMKM DIY melaksanakan kegiatan Diklat Achievement Motivation Training ( AMT) Angkatan I dan II agar UMKM dapat menghadapi daya saing dalam mengembangkan usaha yang dijalankannya dengan baik dan benar.

Materi dalam kegiatan diklat managemen pemasaran bagi UMKM diantaranya :

  1. Kopasindo Nusantara
  2. Finacing
  3. Leadership and Motivation
  4. Costing
  5. Accounting
  6. Koperasi/Manajemen Koperasi
  7. Pemasaran Onlilne
  8. Financing
  9. Tax
  10. Supplay and Demand KN
  11. Erfa (joint Buying) KN
  12. Digital KN
  13. Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM
  14. Akses Permodalan
  15. Tantangan dan Problematika UMKM Masa Depan

Kegiatan Diklat Managemen Pemasaran Bagi UMKM ini dilaksanakan pada Hari Senin s/d Jumat. Tgl. 16 s/d 20 April 2018 diikuti peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari kab / kota di DIY.

Diklat yang semacam ini akan terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya dengan target UMKM yang berbeda, dengan harapan semakin banyak UMKM yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan managemen usaha.

(Sumber : diklat managemen pemasaran bagi UMKM, Bidang UMKM, Diskop & UMK DIY, Tahun 2017)