DIKLAT ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING (DAK)

Koperasi sebagai wujud dari Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 1 “bahwa Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berasaskan kekeluargaan merupakan badan usaha yang diharapkan dapat menjadi salah satu pilar perekonomian nasional yang dapat diperhitungkan. Hal ini karena Koperasi memiliki fungsi dan peran dalam memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan Koperasi sebagai sokogurunya. Dengan demikian maju dan berkembangnya Koperasi akan dapat mendukung ketahanan perekonomian nasional. Untuk itu diperlukan suatu upaya untuk memajukan dan mnengembangkan Koperasi di Indonesia.

Selama ini permasalahan yang  sering dihadapi Koperasi adalah terbatasnya sumber daya manusia yang mengelola Koperasi dalam hal ini adalah Pengurus dan manajer Koperasi. Pengelolaan koperasi selama ini masih sebatas pekerjaan sambilan sehingga output dari usaha Koperasi sangat kurang dan belum maksimal dalam menyejahterakan anggota Koperasi. Motivasi Pengurus dan manajer  menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan kinerja Pengurus dan manajer sehingga pengelolaan Koperasi dapat lebih handal dan profesional. Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan motivasi bagi Pengurus dan manajer yang dapat berpengaruh positif langsung terhadap kinerja pengelolaan Koperasi.

Achievement Motivation Training (AMT) adalah sebuah program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi pesertanya. Dalam dunia kerja, Achievement Motivation Training (AMT) didesain untuk membantu Koperasi dalam upaya meningkatkan kemampuan pengurus / pengelola dalam hal memotivasi diri secara efektif. Pengurus / pengelola yang mampu menumbuhkan motivasi diri secara efektif akan sangat mempengaruhi kehidupan kerja sehari-hari dan kepuasan kerja. Dengan kemampuan tersebut, akan terpupuk semangat karyawan dalam beprestasi dan terus berusaha untuk memetik hasil terbaik.

Berkaitan dengan hal tersebut maka dipandang perlu utuk melaksanakan kegiatan Diklat Achievement Motivation Training (AMT) bagi Pengurus dan manajer Koperasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan harapan setelah mengikuti kegiatan tersebut peserta yang berasal dari Pengurus / Pengelola Koperasi dapat lebih meningkatkan peranannya terhadap Koperasi dan berprestasi dalam kinerjanya, untuk itu Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UKM DIY telah melakukan kegiatan

Diklat Achievent Motivation Training. Kegiatan ini terdiri dari 2 angkatan yang dihadiri 30 orang dari 30 Koperasi untuk setiap angkatanya, dan dilaksanakan selama 4 (Empat) hari mulai tanggal 18 Maret 2019 s/d 21 Maret 2019 di R. Abimanyu 1, Grage Jogja Hotel

Materi dalam Kegiatan Diklat Achievement Motivation Training adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan Perkoperasian
  2. Motivasi
  3. Teori Motivasi Kebutuhan
  4. Merancang Pekerjaan
  5. Menggerakkan Dinamika Kelompok Melalui Tatanan Kerja Produktif Sesuai Kondisi Wilayah
  6. Kepuasan Kerja
  7. Motivasi melalui Penetapan Tujuan
  8. Aplikasi Praktis Penetapan Tujuan
  9. Memotivasi Karyawan
  10. Motivasi Pengembangan Koperasi (memanfaatkan potensi & peluang)
  11. Motivasi Memfungsikan Koperasi Sebagai Badan Usaha

 (Sumber : Diklat Achievemnt Motivation Training, Bidang Koperasi, Diskop & UKM DIY, Tahun 2019)