Profil Bidang Usaha Kecil dan Menengah

Bidang Usaha  Kecil dan Menengah mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan nilai omset usaha kecil dan menengah. Untuk melaksanakan tugas tersebut Bidang Usaha Kecil dan Menengah mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program Bidang Usaha Kecil dan Menengah;
  2. penyiapan bahan rumusan kebijakan teknis bidang pembinaan dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah;
  3. pengelolaan data dan informasi usaha kecil dan menengah;
  4. pembinaan dan pengembangan produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan peralatan/teknologi;
  5. pemantauan perkembangan dan fasilitasi penyelesaian permasalahan/sengketa usaha kecil dan menengah;
  6. pelaksanaan fasilitasi kemitraan usaha kecil dan menengah dengan lembaga dan pelaku usaha lainnya;
  7. pelaksanaan fasilitasi perlindungan usaha kecil dan menengah;
  8. pelaksanaan dekonsentrasi dan tugas pembantuan;
  9. pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan program Bidang Usaha Kecil dan Menengah; dan
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas.

Struktur Organisasi Bidang Usaha Kecil dan Menengah

Bidang Usaha Kecil dan Menengah, terdiri atas:

  1. Seksi Produksi; dan
  2. Seksi Pemasaran.

Seksi Produksi

Seksi Produksi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan produksi usaha kecil dan menengah. Untuk melaksanakan tugas tersebut Seksi Produksi mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program kerja Seksi Produksi;
  2. penyiapan fasilitasi kebijakan teknis produksi usaha kecil dan menengah;
  3. pengelolaan data dan informasi produksi usaha kecil dan menengah;
  4. pembinaan dan pengembangan produksi, sumber daya manusia, dan peralatan/teknologi;
  5. pemantauan perkembangan produksi usaha kecil dan menengah;
  6. pelaksanaan fasilitasi advokasi dan penyelesaian permasalahan/sengketa produksi usaha kecil dan menengah;
  7. pelaksanaan fasilitasi perlindungan bagi usaha kecil dan menengah;
  8. pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan program Seksi Produksi; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas.

Seksi Pemasaran

Seksi Pemasaran mempunyai tugas melaksanakan pelayanan bagai pengembangan usaha kecil dan menengah. Untuk melaksanakan tugas tersebut Seksi Pemasaran mempunyai fungsi :

  1. penyusunan program Seksi Pemasaran;
  2. penyiapan fasilitasi kebijakan teknis pemasaran bagi usaha kecil dan menengah;
  3. pengelolaan data dan informasi promosi dan pemasaran usaha kecil dan menengah;
  4. pembinaan dan pengembangan promosi, pemasaran, sumber daya manusia, dan peralatan/teknologi;
  5. pemantauan perkembangan usaha kecil dan menengah;
  6. pelaksanaan fasilitasi advokasi dan penyelesaian permasalahan/sengketa pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah;
  7. pelaksanaan fasilitasi kemitraan usaha kecil, dan menengah dengan lembaga dan pelaku usaha lainnya;
  8. pelaksanaan fasilitasi standardisasi dan perizinan usaha kecil dan menengah;
  9. pemantauan, evaluasi, dan penyusunan laporan program Seksi Pemasaran; dan
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas.